Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis

Album Debut Monkey Boots Rencananya Dirilis Bulan Ini

Share this history on :
Grup musik ska asal kota Jakarta, Monkey Boots, masuk ke dalam 20 finalis The London Intl Ska Festival 2012 Band Competition dan berpeluang tampil sebagai band pembuka The London Intl Ska Festival 2012 di London, Inggris, tanggal 3 sampai 6 Mei 2012. Namun, untuk bisa berangkat ke sana, Monkey Boots harus mengungguli 19 finalis dari negara-negara lain dalam tahap voting yang dilakukan via internet.

“Minta dukungannya untuk kemajuan musik ska Indonesia dengan cara kirim email ke: enquiries@rockersrevolt.com dengan subject: Vote. Isi email: MONKEY BOOTS,” demikian pesan yang dikirimkan oleh pemain bass Monkey Boots, Indra Paramanandana, melalui broadcast message BlackBerry Messenger baru-baru ini.

Jika berhasil lolos nantinya, Monkey Boots akan tampil dengan beberapa penampil utama yang sejauh ini telah diumumkan, seperti The Dualers, Neol Davies aka The Selecter, Hotknives, The Moon Invaders (Belgia), Los Granadians (Spanyol) dan Capone & The Bullets.

Monkey Boots terbentuk pada akhir tahun 2004 dengan line-up terakhir Denny (vokal), Adam (gitar), Ewok (drum), Indra (bass), Akbar (gitar), Aldo (saxophone), Edwin (trumpet), dan Acho (trombone). Band yang terbilang rajin tampil di kancah musik lokal itu kini tengah menunggu album studio debut mereka yang rencananya berjudul Big Monkey dirilis.

Indra mengungkapkan, album tersebut kemungkinan akan dirilis oleh label rekaman yang menaungi Steven Jam, 267 Records, pada bulan September ini juga. Dan rencananya, akan terdapat 10 buah lagu di dalam album yang mulai digarap sejak sekitar setahun lalu itu.

Namun, salah satu lagu yang membuat Monkey Boots lolos sebagai salah satu 20 finalis The London Intl Ska Festival 2012 Band Competition, “Djakarta,” malah justru tidak dimasukkan ke dalam album tersebut nantinya. “’Djakarta’ nggak masuk album. Kata mereka terlalu segmented. Terlalu sempit dan khusus aja liriknya,” jelas Indra.

Steven Nugraha Kaligis atau akrab disapa Tepeng, vokalis Steven Jam yang mengambil peran sebagai project officer Monkey Boots, membenarkan bahwa album perdana mereka kemungkinan akan dirilis pada bulan ini. “Insya Allah rencananya bulan ini,” katanya singkat saat kami hubungi Jumat (16/9/2011) siang.

Tepeng melihat Monkey Boots sebagai sebuah band yang solid, karena itu ia mendukung baik secara profesional maupun pertemanan untuk mengorbitkan mereka. “Asik, itu yang pertama-tama. Selebihnya baru gue lihat di kekuatan musik dan materi lagu yang menurut gue asoy geboy,” imbuhnya.

Monkey Boots telah mengalahkan 153 band dari seluruh dunia di dalam tahap seleksi awal The London Intl Ska Festival 2012 Band Competition. Saat itu Monkey Boots ikut serta dengan cara mengirimkan email dan menyertakan tautan ke Facebook, YouTube, MySpace band dan lain-lain untuk menunjukkan lagu-lagu yang telah mereka rekam seperti “Djakarta,” “Rough Gangster” dan “Tundukkan Hatimu.” Lagu yang terakhir disebut telah diputar di radio-radio.
 Source