Sejarah Singkat Awal Mula Istilah Reggae Berasal | Info Reggae Indonesia

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Seruu.com - Kata Reggae, Rege, Reg-Ay atau Ragged  berasal dari pengucapan kata dengan logat Afrika bisa berarti kain lap, bertengkar berturut-turut dan lainnya. Hingga menjadi sebutan dari gaya berpakaian dari musisi atau pecinta musik Rocksteady dan hal ini ditulis oleh salah seorang penulis ternama, yaitu Derrick Morgan pada edisi “Dictionary of Jamaican English” tahun 1967.
Ada juga yang beranggapan kata ini berasal dari sebuah istilah Raggedy yang sebelumnya sering digunakan oleh anak-anak muda di kota Kingston, yang berarti gaya dansa yang lambat atau gerak kagok seperti hentakan badan pada orang yang sedang menari dengan iringan musik dan juga bisa memiliki arti pakaian compang-camping.
Selain itu menurut seorang sejarahwan Reggae Steve Barrow yang disampaikan oleh Toots Hebbert berpendapat ada istilah dalam logat jamaika (Jamaica Patois) Streggae yang berarti wanita pelacur atau wanita yang berpakaian sexy.
Sedangkan Bob Marley menyatakan bahwa kata reggae berasal dari istilah Spanyol untuk Raja Musik. Catatan baris dari To the King, dalam kumpulan gospel reggae Kristen, menunjukkan bahwa kata Reggae ini berasal dari bahasa Latin Regi yang berarti Untuk Raja.
Sedangkan kata Reggae sebagai istilah musik pertama kali muncul di media cetak pada sebuah lagu yang hits di Jamaika pada tahun 1968, yaitu lagu yang berjudul Do the Reggay karya dari Toots and The Maytals.
Band ini dianggap dapat memberikan nama untuk sebuah bunyi. Juga salah satu pelopornya Bunny Lee yang ditunjukkan dalam single lagu transisi Say What You’re Saying (1967) oleh Clancy Eccles, dan People Funny Boy (1968) oleh Lee Scratch Perry. The Pioneers Long Shot Bus’ Me Beat (1967) telah diidentifikasi sebagai contoh yang paling awal dan tercatat sebagai irama musik baru yang saat ini dikenal sebagai Reggae. “Ketukan dari musik ini telah berbeda, itu digunakan supaya organ dapat mengikutinya”. “Dan saya menyukainya” ujar Bunny Lee.
Source


About @InfoReggaeIndo

Ikuti perkembangan musik reggae di @InfoReggaeindo
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top