Fotografer Kim Rilis Foto-foto Bob Marley | Info Reggae Indonesia

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

LONDON, (PRLM).- Puluhan foto-foto langka Bob Marley yang belum pernah dilihat dunia dirilis bertepatan dengan peringatan 30 tahun kematian sang raja musik reggae itu. Foto-foto langka itu terdapat dalam buku yang dirilis fotografer Kim Gottlieb-Walker yang sejak 1970-an mengikuti karir Bob Marley

Bob Marley yang secara luas dikenal sebagai musisi reggae sangat dihargai karena upayanya memperkenalkan musik asli Jamaika itu beserta gerakan Rastafarian ke seluruh penjuru dunia.

Foto-foto karya Kim Gottlieb-Walker ini merupakan foto-foto Bob Marley yang lebih personal bukan citra di atas panggung yang selama ini dunia kenal. Foto-foto itu menampilkan Bob tengah duduk bercengkerama di rumah bersama teman-temannya, menyusuri jalanan kota dengan mobil Cadillacnya atau bersantai sambil mengisap mariyuana.

Musisi bernama lengkap Robert Nesta Marley ini mendunia lewat lagu No Woman No Cry yang sebenarnya berkisah soal kemiskinan di Jamaika.

Sebagai seorang fotografer, Kim berkesempatan melewatkan dua tahun di akhir 1970-an bersama Bob untuk mengambil fotonya dari kejauhan dan mendokumentasikan setiap kegiatannya. Kini Kim membawa foto-foto Bob Marley yang tak pernah dipublikasikan itu ke London, setelah 'harta karun' itu tersimpan di lemarinya selama 30 tahun lebih.

Beberapa foto bahkan sangat fenomenal, seperti Bob Marley yang bertelanjang dada, hanya mengenakan celana jeans dengan wajah sendu atau Bob saat mengendarai Cadillac beratap terbuka menyusuri jalanan dengan rambut gimbalnya berkibaran. Foto lainnya menampilkan sang legenda tengah bersantai di kediamannya sambil membaca surat kabar.

Lalu apa alasan Kin menyimpan harta ini begitu lama dari publik?

"Ini adalah kesempatan pertama saya memiliki waktu untuk memeriksa arsip foto saya. Saya tidak pernah mencetak foto-foto itu. Saya mulai memeriksa lagi dan melihat negatifnya. Ternyata saya tak menyadari sudah menemukan harta karun," kata Kim yang dikutip "BBC".

Bob Marley dilahirkan di Saint Ann, Jamaika 6 Februari 1945. Dia meninggal dunia di Miami Florida pada 11 Mei 1981 dalam usia 36 tahun. Hingga saat ini Bob Marley masih dianggap satu-satunya musisi papan atas dunia yang berasal dari negeri berkembang.

About @InfoReggaeIndo

Ikuti perkembangan musik reggae di @InfoReggaeindo
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top